Hasil Pertanian Kelompok Dusun Bahenap Meningkat

KAPUAS HULU-SAMPAN-Pendamping SAMPAN Kalimantan Kapuas Hulu, Vincensius mengatakan hasil pertanian yang dikelola masyarakat Dusun Nanga Bahenap, Desa Bahenap, Kapuas Hulu mengalami peningkatan. Dalam sebulan penjualan hasil pertaniannya kini bisa sampai empat kali kirim.
 
“Hasil pertanian warga Dusun Bahenap Stabil dan cenderung meningkat. Dalam
sebulan mereka bisa menjual empat kali hasil pertaniannya dan sekali jual bisa menghasilkan Rp 2 juta. Hasil perputaran uang itu untuk kelompok yang menjual. Saat ini hasil tani yang stabil ada di satu dusun yaitu Dusun Nanga Bahenap,” katanya kepada SAMPAN Kalimantan, Jumat (1/12).
 
Hasil pertanian kata Vincen sapaannya bermacam. Kacang panjang, sawi dayak, ubi ungu, jagung, peringgi, terong asam, timun, daun cangkok, cabai, jahe, lengkuas dan kunyit jadi andalannya. 
 
Strategi penjualan kata dia kadang masyarakat langsung menjual dari Bahenap ke Putussibau dan jika masyarakat berkegiatan di ladang dan kampung, ada juga yang langsung membeli dan dijual lagi ke Putussibau, dan beberapa desa lainnya. 
 
Untuk kendala penjualan memang dirasa agak sulit. Utamanya soal akses. Sekarang kondisi jalan kampung masih rusak. Ini menghambat, pengaruhnya bisa menurunkan harga jual produk pertanian. Makanya kata dia, penjualan masih menjadi kendala, karena kondisi jalan rusak membuat harga mahal di ongkos. 
 
Untuk luasan lahan kelompok tani Dusun Bahenap saat ini tambah dia ada 1 hektare. Tapi tak sedikit anggota kelompok yang miliki lahan pribadi. Untuk luasanya sekitar 0,5 hektare an. Jika ditotal lahan yang digunakan anggota kelompok ini bisa mencapai 6 hektare. Ke depan perluasan lahan akan tetap dilakukan.  
 
“Tanaman di sini subur dan tanpa pupuk. Ini salah satu keunggulan juga. Sekarang dampak positif dari hasil pertanian ini sudah mulai dirasakan oleh kelompok pertanian ini,” tandasnya.(ma)
 
 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.