Festival Danau Sentarum Gelar Kontes Arwana

KAPUAS HULU-SAMPAN-Kontes Ikan Arwana Super Red jadi salah satu dalam rangkaian Festival Danau Sentarum 2018 yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna, Kabupaten Kapuas Hulu (25/10). Dalam kontes tersebut, diikuti 80 peserta yang memamerkan ikan terbaiknya.
 
Ketua Panitia, Junaidi mengatakan Kontes Arwana Super Red memperlombakan empat kategori yakni, super large, large, medium, small, unik dan softbody.
 
“Kontes Arwana ini merupakan yang pertama digelar di Putusibau Kabupaten Kapuas Hulu, yang diikuti 80 peserta ada yang dari Jakarta, Pontianak dan Kota Putusibau sendiri,” ungkapnya.
 
Untuk menjaga kualitas kontes Arwana, panitia mendatangkan tiga juri dari Negara Cina, Singapura dan Malaysia yang sudah teruji dalam memberikan penilaian.
 
“Kita pilih juri dari tiga negara tersebut karena selama ini tiga negara itu merupkaan tujuan utama expor ikan arwana,” katanya.
 
Sementara itu, Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Karihun dan Danau Sentarum, Arief Mahmud mengatakan Kontes Arwana sebenarnya sudah dirancang untuk dilaksanakan pada tahun yang lalu, akan tetapi karena persiapannya kurang matang baru tahun ini bisa dilaksanakan.
 
“Kita berpikir Kontes Arwana ini perlu dilaksanakan di Kota Putusibau Kabupaten Kapuas Hulu, karena Arwana ini merupakan satwa endemik asli dari Taman Nasional Danau Sentarum, selama ini kontes-kontes Arwana dilaksanakan diluar dan sangat ironis Kapuas Hulu sebagai habitat utamanya tidak pernah dilaksanakan,” ungkapnya.
 
Arief Mahmud berharap Kontes Arwana bisa dilaksanakan setiap tahunnya karena sangat penting dalam upaya menjaga dan melestarikan kelangsungan hidup ikan arwana.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.