PONTIANAK-SAMPAN-SAMPAN Kalimantan akan membantu memfasilitasi kawan-kawan LPHD di desa dampingan SAMPAN guna membuat rencana kerja tahun 2019. Sebelum merancang rencana kerjanya, terlebih dahulu dilakukan evaluasi kinerja selama 2018.
 
“Seperti tahun sebelumnya kami (SAMPAN) kembali melakukan pendampingan penyusunan rencana kerja 2019 pada teman-teman LPHD di desa dampingan,” kata anggota SAMPAN Kalimantan, Selvianus Saludan (7/2).
 
Dalam pendampingan penyusunan rencana kerja 2019 kata dia ada banyak yang dibahas. Pastinya, rencana pemasangan patok batas Hutan Desa bakal dilakukan.
 
Kemudian rehabilitasi lahan kritis pada eks lahan terbakar kembali dilakukan. Seperti tahun lalu pihaknya ikut memfasilitasi pihak desa dalam penanaman tanaman eks kebakaran lahan. Untuk jenisnya disesuaikan dengan karakter tanahnya.
 
Vian sapaannya melanjutkan, pengembangan ekonomi melalui usaha budidaya kepiting, madu kelulut, madu mangrove, ternak bebek dan lain-lain juga bakal dilanjutkan di tahun ini.
 
Tak hanya itu, antisipasi kebakaran lahan patroli pengamanan areal Hutan Desa juga kembali dilakukan. “Sebelumnya kami sudah berikan pelatihan penanganan kebakaran pada hutan dan lahan. Bekal ilmu tersebut bisa sebagai pegangan masyarakat dalam upaya cegah kebakaran,” tandasnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.