KAPUAS HULU-SAMPAN-SAMPAN Kalimantan memberi bantuan bibit ternak kambing dan babi di 4 desa, Kabupaten Kapuas Hulu awal Februari lalu. Total binatang ternak yang diserahkan SAMPAN untuk 4 desa itu mencapai 56 ekor.

“Program yang kita jalankan ini untuk peningkatan ekonomi masyarakat hutan berbasis konservasi dan kearifan lokal dengan optimalisasi tembawang. Total kambing yang kita bagi 16 ekor berjenis etawa. Sedangkan babi ada 40 ekor,” ungkap tim SAMPAN Kalimantan, Vian.

Ke 4 desa yang diberi bantuan bibit ternak itu diantaranya Desa Nanga Semangut, dan Desa Selaup, Kecamatan Bunut Hulu. Untuk Kecamatan Kalis, bibit itu diserahkan di Desa Bahenap dan Desa Nanga Raun. Adapun jumlah ternak yang diserahkan ke kelompok ialah 16 skor Kambing Peranakan Etawa ke desa Nanga Semangut dan Selaup, 40 Ekor bibit babi ke Desa Nanga Raun dan Bahenap.

Dijelaskan alumni Fisipol Untan itu, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang pernah diselenggarakan SAMPAN di Kabupaten Mempawah 2016 di penghujung 2016 lalu.

“Ini komitmen kita. SAMPAN ingin menciptakan mata pencarian baru bagi masyarakat guna meningkatkan pendapatan masyarakat desa,” ungkapnya.

Kepala Desa Nanga Semangut, Zaini gembira dengan penyerahan bantuan bibit ternak ini. Saking gembiranya, ia ikut mengangkat bibit kambing yang berada di Pick Up.

“Terima kasih kepada Sampan. Atas bantuan ternak Kambing ini, semoga kedepan kita bisa mengerjakan hal yang lebih besar lagi. “Dengan adanya kambing ini kami akan bergantian menginap di Saung untuk menjaga kambing tersebut,” sambungnya

Ini merupakan pengalaman pertama bagi kelompok dalam mengelola peternakan dengan konsep berkelanjutan, namun mereka sangat yakin bisa mengembangkannya, apa lagi beberapa bulan sebelumnya ada yang sudah mengikuti pelatihan di instalase pengembangan bibit kambing di Kecamatan Toho dan ternak babi di Ngarak, Mandor.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.