Dorong Desa Pasir Mempawah Mendapat SK Hutan Desa

 
MEMPAWAH-SAMPAN-Belum lama ini perwakilan SAMPAN Kalimantan melakukan diskusi bersama perangkat Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah. Dalam diskusi turut melibatkan LPHD dan tokoh masyarakat setempat dengan pembicaraan tentang perkembangan Hutan Desa Pasir.
 
“Kami (SAMPAN) sudah bertemu dengan perwakilan perangkat Desa Pasir guna membicarakan tentang Hutan Desa Pasir. Dalam pertemuan itu turut dilibatkan LPHD dan tomoh masyarakat setempat,” ujar perwakilan SAMPAN Kalimantan Vincensius, Rabu (27/3).
 
Dalam pertemuan itu, dirinya menjelaskan beberapa poin tentang rencana kelola di kawasan Hutan Desa Desa Pasir. Seperti pemanfaatan lahan wilayah gambut, diskusi soal skema gambut, keterlibatan perempuan dalam kegiatan pengelolaan HD dan rencana KUPS sampai pembahasan draf kesepakatan masyarakat akan pengelolaan Gambut. 
 
Tanggapan masyarakat setempat, menyambut baik tentang skema Perhutanan Sosial. Mereka bersemangat menunggu keluarnya SK izin HD yg masih berbenturan dengan aturan. 
 
LPHD Desa Pasir lanjutnya juga sudah memulai kegiatan dan merancang aktivitas pengelolaan HD meskipun izin belum terbit. Bahkan mereka telah merencanakan pengelolaan di lahan terbuka agar dapat dimaksimalkan pengembangan agroforestri, silvopastur dan juga pengembangan lainnya yang berpotensi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan juga tetap memberi dampak kelestarian alam
 
Sama dengan kelompok perempuan di sini juga turut dilibatkan, termasuk draf kesepakatan pun telah dirancang dan di diskusikan. 
 
Sebagai tindak lanjutnya akan ada diskusi lanjutan dan pengecekan lokasi kawasan sesuai potensi yang bisa di bangun masyarakat. SAMPAN juga akan mengawal terbitnya izin namun kegiatan pengelolaan terus digalakkan untuk berjalan.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.