Diskusi Dirjen PSKL Bersama Warga Desa Tasikmalaya

 

KUBU RAYA-SAMPAN-Selain meninjau lokasi budidaya kepiting di Desa Tanjung Harapan, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bambang Supriyanto,  juga berdiksusi bersama warga Desa Tasik Malaya, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya, (21/4), malam. Ia mengatakan setelah disahkan menjadi Hutan Desa, pendekatan tak lagi pada sektor hulu, tapi sudah harus menyasar pasar.

“Kita mau meyakinkan bahwa melalui Hutan Desa walau skala ekonominya kemasyarakatan, tapi harapannya akan bisa menjadi nilai tambah dan nilai jual. Dalam pertemuan bersama warga, saya bilang sekarang tak lagi bermain di hulu saja, namun pasar mesti dicari,” katanya.

Ketika bicara pasar lanjutnya, pasti bicara skala ekonomi. Ketika bicara skala ekonomi, diperlukan akses modal untuk mewujudkannya. Ada dua sumber modal bisa didapat. Pertama bantuan pemerintah melalui bank pesona dan ekonomi kreatif. Untuk jenis ini nilainya tak besar karena sifatnya stimulan (bantuan).

Bantuan stimulan kata dia sudah dilakukan. Selain dari KLHK, IDH dan SAMPAN Kalimantan juga sudah membantu masyarakat desa. Hanya saja sifatnya sporadis dan sesekali.

Tapi lanjutnya, jika bicara skala ekonomi, apalagi dengan pangsa pasar yang pasti, masyarakat desa jangan takut melakukan investasi. Caranya, bisa melalui sistem bagi hasil. “Dari data kami, ada sepuluh HD mengajukan pinjaman ke Badan Layanan Umum. Totalnya Rp 100 milyar. Sekarang masih tahap pengkajian,” katanya.

Menurutnya jika pasarnya sudah ada, masyarakat desa harus melakukan investasi. Sistemnya tergantung perjanjian dengan pihak bank. Contoh seperti di daerah Muara Enim, di sana bank memberikan bunga tujuh persen, tapi pemdanya tak diam. Mereka (warga desa) disubsidi pemerintah sehingga bunganya tinggal tiga persen. Ini membuktikan bahwa pemerintah daerahnya mendukung masyarakat desa untuk maju. Apa yang dilakukan SAMPAN tambah dia begitu luar biasa. Mereka tak hanya membantu mendapatkan SK HD, tapi pasca HD mereka (SAMPAN) juga membantu pemasaran produknya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.