Diskusi Bahas Pengelolaan Hutan Desa Selaup

KAPUAS HULU-SAMPAN-Belum lama ini, SAMPAN Kalimantan melakukan diskusi bersama soal pengelolaan Hutan Desa Selaup Kabupaten Kapuas Hulu dan pengembangan kelompok sebagai salah satu agenda rutin pendampingan. Tak hanya itu saja dalam diskusi juga membahas soal penelitian mahasiswa Missouri University dan CIFOR TFCA .
 
Anggota SAMPAN Kalimantan, Vincensius menjelaskan ada banyak hal dibahas dalam diskusi ini. Fokusnya tentu pengolaan Hutan Desa Selaup. “Selain itu kita juga membahas soal penelitian yang dilakukan mahasiswa Missouri University,” katanya pertengahan Juli.
 
Untuk penelitian kata dia lebih difokuskan pada dampak pengembangan yang diperoleh dari pengelolaan HD Selaup.
 
Dalam diskusi juga dibahas rencana peneliti bersama dua enumeratornya yang akan mengunjungi tiga dusun yaitu Dusun Kerantik, Dusun Jakok, dan Dusun Karang Indah.
 
Diskusi juga menceritakan tentang kegiatan LPHD yang hingga saat ini baru dalam tahap penyusunan RPHD Selaup. Tanggapan masyarakat akan hal ini dipandang dia begitu antusias utamanya untuk mengelola HD.
 
Kepala Desa Selaup, Sabarudin sangat mengharapkan data dan informasi yang dibutuhkan dapat diberikan oleh masyarakat yang menjadi subjek penelitian ini.
 
Penelitian ini berlangsung  kurang lebih lima hari dan dilaksanakan bersama dengan LPHD Selaup sebagai pengiring dalam penelitian.
 
Sebagai informasi, dipilihnya Desa Selaup dan Bahenap adalah rekomendasi dari fasilitator TFCA Kabupaten Kapuas Hulu bersama SAMPAN Kalimantan mengingat progres pengembangan Pengelolaan HD Selaup walau perlahan namun terus berkembang.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.