Desa Tanjung Harapan Bangun Ekowisata, Keramba Kepiting dan Tempat Riset Mangrove Terlengkap se Indonesia

KUBU RAYA-SAMPAN-Ketua LPHD Desa Tanjung Harapan, Kabupaten Kubu Raya, Ismail mengatakan, pembangunan tempat pengembangan dan pembenihan kepiting di desanya sudah 95 persen mau selesai. Selain pengembangan kepiting, lokasi tersebut juga akan dibuat ekowisata mangrove dan tempat riset mangrove terlengkap di Indonesia.

“Pembangunan tempat budidaya kepiting sudah hampir selesai. Di sana juga ada ekowisata yang mau kita tawarkan. Itu sudah masuk dalam perencanaan kita,” kata Ismail, belum lama ini.

Dijelaskan dia, untuk tahap awal, luasan keramba budidaya kepiting sekaligus ekowisata mangrove memakan luasan lahan tiga hektare. Namun ke depan akan diperluas di 2018 ini.

Untuk pembangunan ekowisatanya, kata Mail sapaannya, LPHD turut melibatkan pemerintah desa, tokoh masyarakat dan pemudanya. Ada banyak hal menarik yang dapat ditawarkan di ekowisata mangrove Tanjung Harapan. Selain bisa mengenal banyak jenis mangrove, pengunjung juga disuguhkan dengan menu sea food. Selain ikan tentu menu unggulannya ada kepiting bakau.
 
Home stay rencana juga akan dibuat. Tujuannya agar wisatawan dapat menginap di dalam hutan mangrove. Tentu kata dia, bermalam di hutan mangrove merupakan pengalaman mengasyikkan dan patut dicoba.
 
Selain itu, pihaknya juga berencana membuat satu tempat riset mangrove terlengkap di Indonesia. Akan hal ini, kata dia, pihaknya sudah melakukan pembicaraan, baik itu pihak desa dan pemerintah setempat. Hasilnya, semua pihak menyambut baik dan mendukung agar kesemuanya segera direalisasikan.
 
Mail melanjutkan, Tanjung Harapan tak hanya kaya akan jenis floranya. Fauna langka juga bisa ditemukan di sini. “Selain kepiting bakau, pada 2015 lalu kita juga menemukan anjing laut. Burung khas kalimantan juga ada. Ini jadi daya tarik,” katanya.
 
Semoga apa yang saat ini sudah berjalan dapat terselesaikan semua. Dan apa yang jadi harapan masyarakat desa untuk memajukan desa melalui pengembangan kepiting, ekowisata dan pusat riset mangrove dapat dukungan dari semua pihak.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.