Desa Nanga Sebintang Ajukan HD

KAPUAS HULU-SAMPAN-SAMPAN Kalimantan kembali memfasilitasi ajuan Hutan Desa. Kali ini, di Desa Nanga Sebintang, Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu. 
 
“Kita kembali memfasilitasi Desa untuk pengajuan Hutan Desa di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penyiapan proposal HD dan dokumen pendukung sudah dilakukan dan siap dikirim ke KLHK,” kata pendamping SAMPAN Kalimantan di Kapuas Hulu, Alias, belum lama ini.
 
Dijelaskan dia, ajuan HD dampingan SAMPAN kali ini di Desa Nanga Sebintang, Kecamatan Kalis.
 
Dalam persiapan proposal dan dokumen telah dilakukan bulan lalu. Dan 1 September 2018 semua dokumen ajuan terkumpul dan siap diserahkan KLHK. 
 
Diceritakan dia, dalam penunjukan SAMPAN Kalimantan mendampingi Desa Nanga Sebintang melalui rekomendasi kepala desa yang dilampirkan dalam proposal Hutan Desa. 
 
Begitu juga dengan penyerahan proposal HD kata dia SAMPAN diminta memfasilitasi desa dalam pengajuannya. Termasuk membantu dalam melakukan pengawalan proposal sampai proses berikutnya.
 
“Harapan kami (SAMPAN) ajuan HD Nanga Sebintang juga bisa terbit izinnya seperti halnya desa lain yang telah memiliki SK HPHD. Dengan terbitnya SK HPHD ini kedepannya akses masyarakat terhadap hutan lebih mudah,” ungkapnya.
 
Ini ajuan tahap pertama. Mudah-mudahan kata dia, tak banyak perbaikan pada ajuan tahap pertama ini. Syarat-syarat nyapun, pihaknya mengacu pada PerdirjenP.11/PSKL/SET.0/11/2016 tentang pedoman verifikasi Hutan Desa.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.