Desa Medan Mas Bakal Miliki Instalasi Pembenihan Kepiting

 
PONTIANAK-SAMPAN-Perwakilan SAMPAN Kalimantan, Beni mengatakan saat ini, pihaknya bersama kelompok budidaya kepiting tengah membuat tempat Instalasi Pembenihan (hatchery) kepiting yang terletak di Desa Medan Mas, Kabupaten Kubu Raya. Dipilihnya desa tersebut sebagai lokasi hatchery dikarenakan berada di tengah-tengah wilayah Bentang Pesisir Padang Tikar sehingga dianggap strategis.
 
“Pasca magang budidaya bibit kepiting di Jepara, kawan-kawan perwakilan masyarakat yang tinggal di Bentang Pesisir Padang Tikar kini tengah membuat instalasi pembenihan bibit kepiting. Prosesnya sudah 50 persen berjalan. Targetnya, bangunan akan selesai 20 Mei ini,” ucap Beni, Minggu 19 Mei 2019.
 
Bicara soal pembangunan tempat instalasi pembenihan bibit kepiting, rencana awal sebenarnya mau dibangun di Pulau Mas Tiga yang berada di wilayah Desa Tanjung Harapan.
 
Namun setelah dilakukan diskusi bersama kelompok perwakilan magang pembenihan bibit kepiting di Jepara, dengan mempertimbangkan poin-poin utama lokasinya nesti menyeberang pulau, listrik dan akses jalan maka disepakati lokasinya di rubah ke Desa Medan Mas.
 
Jika instalasi pembenihan kepiting ini selesai dibangun kata Beni akan menjadi hatchery pertama yang ada di Pulau Kalimantan. Artinya, nanti disini bisa sebagai pusat pembenihan bibit kepiting yang bisa mensupor kebutuhan para pembudidaya kepiting. 
 
Ditanya soal anggaran, saat ini masih dibantu SAMPAN, Yayasan IDH dan PT KNJ Meski demikian, rencana pembangunan instalasi bibit kepiting ini sudah diketahui Dinas Perikanan Kubu Raya dan Provinsi Kalimantan Barat. “Intinya mereka mendukung,” tandasnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.