Dana BLU Batu Ampar Tahap Pertama Cair SAMPAN Dampingi Warga Buat Pembudidayaan Kepiting Bakau

 
PONTIANAK-SAMPAN-Ketua LPHD Desa Batu Ampar, Kecamatan Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Hermansyah optimis, bantuan Badan Layanan Umum (BLU) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dikucurkan pada 95 orang warga Batu Ampar sebagai tindak lanjut pengelolaan program Perhutanan Sosial tahap pertama masing-masing Rp 40 juta buat digunakan pengembangan budidaya kepiting dapat berhasil dalam pengembangannya, dengan capaian kesejahteraan masyarakat melalui Hutan Desa.
 
“Ada 95 orang warga Desa Batu Ampar menerima bantuan pinjaman dana BLU. Bantuan diberi melalui tiga tahap. Tahap pertama satu orang terima kurang lebih Rp 40 jutaan. Dana pinjaman itu akan kami gunakan untuk pengembangan kepiting bakau,” terang Hermansyah (11/1).
 
Dalam pengembangan kepiting bakau di Desa Batu Ampar nanti pihaknya turut dibantu SAMPAN Kalimantan khususnya dalam pendampingan pembuatan tempat budidaya kepiting yang berlokasi di Hutan Desa Batu Ampar.
 
Keoptimisan Herman buat melakukan budidaya kepiting bukan tanpa bukti. Pasalnya budidaya kepiting yang dilakukan atas inisiasi SAMPAN di desa Bentang Pesisir Padang Tikar dulu sudah menampakkan hasil positif.
 
Mengenai pemasaran kepiting, Herman dan 90 an warga yang akan melakukan pembudidayaan kepiting juga tak perlu khawatir pemasarannya.
 
SAMPAN Kalimantan ikut membantu mencarikan pasar hasil kepiting yang telah dibudidaya nanti. Selain pasarnya di skop Pontianak rencana juga bakal dipasarkan ke luar negeri.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.