Damba Akses Komunikasi Desa Tanjung Harapan Beri Lahan Gratis Untuk Pembangunan Tower

 

KUBU RAYA-SAMPAN-Selain akses jalan menuju Desa Tanjung Harapan sulit, salah satu persoalan yang dihadapi warga setempat adalah masalah komunikasi. Untuk memudahkan pihak pengembang membangun tower, pihak desa mempermudah dengan penyediaan lahan gratis. Demikian dikatakan Kades Tanjung Harapan, Kecamatan Batu Ampar, Juheran, kepada SAMPAN Kalimantan, Jumat (25/2).

“Total empat desa belum merasakan kenyamanan berkomunikasi melalui handphone. Selain Desa Tanjung Harapan, ada Desa Sungai Jawi Besar, Sungai Jawi dan Ambarawa. Kalau ditotal, kurang lebih ada 2000 KK di sana,” ujarnya.

Keinginan warga desa agar Pemerintah Kubu Raya menyediakan layanan komunikasi sebenarnya sudah disampaikan dalam tiap pertemuan. Salah satunya musrenbang. Dari penjelasan Pemkab Kubu Raya, penyediaan komunikasi bukanlah wewenangnya. Namun ada pada pihak swasta.

Untuk mempermudah pihak swasta masuk dan membangun tower di desa, pihak desa berkomitmen menyiapkan lahan tanpa pungut bayaran sepeserpun. “Wilayah kita tak ada sinyal komunikasi. Saat ini kita menggunakan antena. Apabila angin kencang sinyal susah. Bahkan untuk SMS pun susah,” keluhnya.

Kata Juheran, tidak semua wilayah Tanjung Harapan tak memiliki sinyal. Di daerah pantai, tepatnya di Selat Seh warga bisa menelpon. “Sinyal yang didapat itu berasal dari tower yang dibangun di Kayong Utara,” cetusnya.

“Kalau internet kota sudah aktif. Yang kami rasakan sekarang adalah akses komunikasi. Ini sangat kami butuhkan,” tambahnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.