Bupati Kubu Raya Dorong Dinas Perikanan Bantu Proses Budidaya Kepiting

KUBU RAYA-SAMPAN-Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyambut baik program dampingan SAMPAN Kalimantan yang dijalankan selama ini diwilayah pesisir. Hal tersebut tersampaikan saat audiensi bersama Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kubu Raya, SAMPAN Kalimantan dan Bentang Kalimantan, (9/3). Dari hasil audiensi tersebut, Pemda Kubu Raya akan mendorong Dinas Perikanan membantu dalam proses budidaya kepiting dan bidang lainnya. 

“Kami menyambut baik sampaian pak bupati terhadap program yang sudah dijalankan selama ini. Dari hasil audiensi itu, langsung direspon bupati dengan mendorong Dinas Perikanan dalam proses budidaya kepiting. Tak hanya itu beliau juga mencoba merancang hilirnya,” kata Direktur SAMPAN Kalimantan, Dede Purwansyah (10/3).

Dalam pertemuan itu, lanjut Dede, SAMPAN ikut memaparkan program yang sudah dijalankan 2018 dan rencana 2019-2020 dengan dukungan IDH termasuk strategi pencapaian PPI Compact, dilanjut dengan produksi kepiting dan pembangunan hatchery sesuai target.

“Rencana pembangunan hatcery kita sampaikan di Pulau Mas Tiga dan langsung dapat dukungan dari Sekda dan Bappeda,” katanya.

Agar berjalan senada, Bupati kata Dede juga bakal memikirkan industri hilir produknya. Bagaimanapun pasar mesti diperhitungkan. 

Dari pertemuan ini, tindaklanjutnya akan dibahas dalam dokumen RPJMD. Selain itu, juga akan disusun langkah persiapan forum membahas detail apa yang menajdi poin penting dalam pertemuan ini.

Soal mangrove juga tak ketinggalan disampaikan SAMPAN Kalimantan. Dalam sampaiannya kepada Bupati, SAMPAN mendorong agar Pemda dapat membangun satu galeri mangrove agar ke depan bisa menjadi ikon daerah.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.