Budidaya Madu Kelulut Desa Selaup Menjanjikan

 
KAPUAS HULU-SAMPAN-Perkembangan budidaya madu kelulut di Desa Selaup, Kabupaten Kapuas Hulu, pelan tapi pasti terus berkembang. Karena menunjukkan hasil positif, kini hampir setiap minggunya penambahan jumlah kotak budidaya madu kelulut dilakukan baik oleh kelompok maupun individu masyarakat.
 
“Sekarang setiap minggunya sudah dipastikan akan ada penambahan jumlah kotak budidaya madu kelulut, baik di tingkat kelompok maupun individu masyarakat,” kata anggota SAMPAN Kalimantan, Selvianus Saludan, (28/2).
 
Dijelaskan dia, pengembangan budidaya kelulut di sini (Desa Selaup) selain dikelola kelompok yang dalam hal ini Koperasi Madu Kelulut Berdikari, juga dikelola oleh individu.
 
Untuk anggota koperasi sendiri sekarang telah mencapai tujuh kelompok unit usaha dan masing-masing kelompok diisi 10 orang anggota. “Selain itu masyarakat juga melakukan budidaya masing – masing baik di dalam kebun maupun memanfaatkan areal pekarangan rumah mereka,” katanya.
 
Melihat potensi dan hasil yang di dapat dari budidaya kelulut, kini masyarakat semakin gencar melakukan pembudidayaan. Targetnya ke depan di Desa Selaup akan menjadi sentra budidaya dan sentra pelatihan madu kelulut.
 
Terkait hal ini pelan – pelan sudah disiapkan oleh masyarakat, dengan memanfaatkan areal sekitar SAUNG untuk tempat pengembangannya.
 
Kebetulan areal ini cukup luas yaitu sekitar 2, 5 hektare. Rencananya peresmian sentra budidaya dan pusat pelatihan ini akan dilaksanakan 4 hari setelah lebaran yaitu bulan Juni 2018.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.