Budidaya Kepiting Berdampak Positif Bagi Masyarakat Pesisir

PONTIANAK-SAMPAN-Pendamping SAMPAN Kalimantan di Kabupaten Kubu Raya, Beni menargetkan pengembangan kepiting bersama warga Desa Tanjung Harapan yang dilakukan saat ini dapat berhasil. Dengan demikian, untuk pemenuhan kebutuhan kepiting masyarakat tak lagi mengandalkan hasil alam.
 
“Saat ini kami (SAMPAN) tengah gencar melakukan pengembangan budidaya kepiting di desa-desa bentang pesisir Padang Tikar. Budidaya kepiting harus dilakukan agar dalam pemenuhan kebutuhan kepiting ke depan masyarakat tak lagi mengandalkan hasil alam,” katanya (5/1).
 
Budidaya kepiting, kata Beni kaitannya tak hanya sekadar meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Tapi ada banyak manfaat berdirinya tempat budidaya kepiting ini. Di sana  rencana SAMPAN dan masyarakat desa, akan membangun pusat laboratorium untuk belajar mengenal kepiting. 
 
“Dari hasil analisa, tinjauan kami di lapangan saat penelitian, laboratorium itu akan kita bangun di Desa Tanjung Harapan,” katanya.
 
Nanti konsepnya kata Beni lagi, tak hanya tempat budidaya kepiting dan laboratorium saja. Karena akan ada pengembangan ekowisatanya, seperti pembangunan track mangrove, rumah jaga dan keramba milik kelompok budidaya kepiting.
 
Sementara ini luasannya baru 3 hektare dengan track mangrove pertama sepanjang 50 meter. Pembangunan akan dilakukan bertahap dan dia harap Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dapat ikut mensuport ide-ide untuk kemajuan masyarakat desa.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.