Bimtek Budidaya Kelulut, Ciptakan Peluang Bisnis Hijau Masyarakat Kapuas Hulu

KAPUAS HULU-SAMPAN-Masyarakat di Enam Belas Desa di Kabupaten Kapuas Hulu mengikuti Bimbingan Teknis Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Alam dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna di Pedesaan yang dilaksanakan di Desa Selaup Kecamatan Bunut Hulu. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas Hulu, Pemerintah Kecamatan Bunut Hulu, Pemerintah Kecamatan Mentebah, dan Kelompok Budidaya Madu Kelulut di Desa Selaup. Kegiatan bimtek selama satu hari ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2018. 
 
Adapun desa-desa yang terlibat dalam pelatihan ini yaitu, Desa Kelibang, Desa Riam Piyang, Desa Nanga Dua, Desa Segitak, Desa Semangut Utara, Desa Sungai Besar, Desa Temuyuk, Desa Bakong Permai, Desa Nanga Suruk, Desa Nanga Semangut, Desa Selaup di Kecamatan Bunut Hulu, dan Desa Kepala Gurung, Desa Suka Maju d, Desa Tekalong, Desa Tanjung Intan, Desa Menaren di Kecamatan Mentebah.
 
Kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Alam dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna di Pedesaan ini secara khususnya bertujuan untuk memberikan bimbingan dan gambaran kepada peserta yang hadir agar dapat melaksanakan program pengembangan sumber daya yang ada sebagai modal dasar dalam menciptakan peluang perkembangan desa. 
 
Dalam pelatihan ini, program yang dikembangkan dan disosialisasikan salah satunya yaitu terkait pelatihan dan budidaya madu kelulut. Dipilihnya budidaya madu kelulut menjadi salah satu materi bimbingan adalah setelah melihat potensi besar yang dapat diperoleh masyarakat dalam melaksanakan pengembangan budidaya kelulut sebagai contohnya yaitu di Desa Selaup yang hingga kini pengembangan budidaya kelulutya terus mengalami perkembangan dari waktu kewaktunya.
 
Saat ini, pengembangan madu kelulut menjadi salah satu sektor yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan melalui skema kelompok dan koperasi. Dalam pelatihan dan bimtek tersebut, sekitar enam puluh orang peserta yang merupakan perwakilan dari 16 Desa di Kecamatan Bunut Hulu dan Mentebah sangat antusias untuk belajar bersama dan saling bertukar pikiran terkait pengembangan madu kelulut. Kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu diskusi dan penjelasan terkait teori budidaya kelulutnya, dan juga praktek pemindahan sarang dari pohon kedalam kotak budidaya. Antusias peserta sangat tinggi.
 
“melalui bimtek ini, diaharapkan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu secara umumnya dan khusunya 16 Desa yang mengikuti bimtek ini menjadi semakin bersemangat dalam mengembangakan madu kelulut menjadi salah satu komoditi yang dapat berkembang luas.” Tutur Sabarudin Kepala Desa Selaup yang menjadi salah satu instruktur pengembangan budidaya madu kelulut. 
 
SAMPAN Kalimantan sebagai mitra pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dan masyarakat juga sangat mendukung atas dilaksankannya kegiatan Bimtek ini. Vincessius ET salah seorang anggota SAMPAN Kalimantan mengatakan bahwa bimtek ini adalah hal yang sangat baik. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan harus terus dilakukan dan didukung oleh masyarakat dan pemerintah sebagai salah satu upaya untuk menjaga, dan mengelola potensi hutan melalui skema budidaya yang benar dan tentunya akan memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat melalui skema kelompok dan koperasi.” “Kedepannya, kita mengharapkan dukungan dan kerjasama pemerintah untuk terus memberikan kesempatan dan peluang bagi kelompok pengembang budidaya kelulut melalui support alat budidaya dan perluasan pasar agar pengembangan budidaya kelulut dapat terus berkembang dari waktu kewaktunya, dan SAMPAN Kalimantan akan terus mendukung perkembangan di desa desa melalui pengelolaan potensi yang ada guna meningkatkan perkembangan bisnis hijau masyarakat.” Tambahnya.
Rencana tindak lanjut dari Bimtek ini adalah, setiap desa peserta dapat terus mengembangkan dan mengaplikasikan hal-hal yang didapat dalam pelatihan ini menjadi kegiatan bersama di desa masing masing. Harapan terbesarnya adalah semua potensi yang ada di desa dapat terus terjaga, serta mampu dikelola dengan baik demi peningkatan ekonomi masyarakat secara luas. Melalui kegaiatan ini juga diharapkan masyarakat dan pemerintah di Kabupaten Kapuas Hulu dapat terus bekerjasama dan saling mendukung dalam perkembangan bersama.(vin)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.