45 Ribu Batang Kopi Robusta Tumbuh Subur di Bahenap

KAPUAS HULU-SAMPAN-Masyarakat Desa Bahenap, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu terus melakukan perluasan tanaman kopi jenis robusta. Dari data SAMPAN Kalimantan ada 45 ribu batang tanaman kopi tumbuh dan terus mengalami pertambahan.
 
“Pasca penanaman bersama program SAMPAN dan TFCA progresnya cukup baik dan perlahan berkembang terus, artinya masih banyak hal yang menjadi catatan dalam proses perkembangan dalam kelompok budidaya kopi,” kata pendamping Desa Bahenap perwakilan SAMPAN Kalimantan, Vincensius belum lama ini.
 
Secara keseluruhan, tingkat kesuburan tanaman kopi robusta Desa Bahenap cukup baik. Artinya, lahan Desa Bahenap cocok untuk ditanami kopi asal Afrika ini. Dengan catatan ditunjang dengan perawatan yang baik pula.
 
Sekarang kata Vincen, dalam sebulan kelompok budidaya kopi Bahenap bisa menghasilkan 30 kilogram kopi perbulannya. Sebagian hasil sudah mulai dijual, sebagian lagi dalam tahap pengenalan ke luar. “Sisanya dikonsumsi masyarakat,” katanya.
 
Melalui kelompok budidaya kopi Desa Bahenap, lanjutnya saat ini pengembangan tanaman kopi jenis robusta terus dilakukan. Kelompoknya terbagi tiga tersebar di tiga dusun yaitu Kelompok Seuntai Bulang di Dusun Sepan Padang, Gurung Muncang di Dusun Nanga Bahenap dan Kelompok Garih Tawang Dusun Baberuk.
 
Sejauh ini antusias kelompok untuk ikut panen dan mengolah kopi dilihat Vincen, begitu antusias. Apa yang dilakukan merupakan tindak lanjut upaya menjadikan kopi sebagai salah satu produk unggulan desa.
 
Dia yakin beberapa tahun lagi Kopi Bahenap akan maksimal panennya karena kopi yang baru ditanam saat ini sedang tumbuh dengan baik, beberapa banyak hal yang membuktikan dengan semakin banyaknya kopi yang saat ini telah berbunga dan terus berkembang. 
 
Pengembangan ini bertambah lengkap dengan akan dikeluarkan nya Nomor PIRT Kopi Bahenap oleh Dinas Kesehatan kabupaten Kapuas Hulu yang telah melakukan verifikasi pengolahan kopi bahenap.
 
Sampan Kalimantan bersama TFCA Kalimantan terus berupaya bersama masyarakat Desa Bahenap untuk terus bersama mengembangkan kopi bahenap menjadi salah satu produk unggulan yang dihasilkan desa dan mampu bersaing dengan produk lainnya. Harapan besar yang akan dicapai juga ingin menjadikan Kopi Bahenap sebagai salah satu panganan khas Kapuas Hulu dan Kaliamantan Barat umumnya. Hal ini dikarenakan kopi ini adalah kopi lokal yang sudah sejak lama ada di Desa Bahenap.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.