13 Desa Kubu Raya Godok RPHD

PONTIANAK-SAMPAN-Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah Kubu Raya, Ponti Wijaya menyambut positif kegiatan konsultasi dan pengesahan Rencana Pengelolaan Hutan Desa (RPHD) bagi 13 pemegang izin hak pengelolaan Hutan Desa (HD) di Kubu Raya, atas inisiasi SAMPAN Kalimantan, di Hotel Kartika pada Selasa (6/3). Kata dia RPHD miliki banyak keuntungan, salah satunya jika sudah jadi, suport pasokan bantuan dari pemerintah bisa didapat.

“RPHD merupakan kewajiban bagi HD yang sudah ter SK kan. Setelah SK HD keluar pihak desa wajib buat RPHD. Nanti RPHD bisa digunakan untuk mengajukan bantuan ke pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Karena RPHD ini menjadi acuan dasar pemberian bantuan,” katanya.

Pemberian bantuan pada pihak desa lanjut Ponti, tentu yang bersinggungan dengan program HD. Misalnya, pembuatan keset kelapa, maka suport alat-alat pembuatan keset kelapa bisa diajukan ke pemerintah.
Lanjutnya, bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat pagu maksimal satu programnya Rp 50 juta dengan maksimal per HD tiga jenis program.
 
Di Kalbar sendiri saat ini ajuan perhutanan sosial khusus Hutan Desa paling banyak ada di Kubu Raya dengan total 13 HD. Selain di Kubu Raya, di Kabupaten Kapuas Hulu juga mengajukan HD. Untuk di Sanggau tambah dia juga ada tapi pengajuannya Hutan Adat. “Tapi dari empat jenis perhuatan sosial, ajuan Hutan Desa didominasi Kubu Raya,” tutupnya.(ma)

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.